Rabu, 08 Desember 2010

Menekan Konsumsi BBM I


Banyak cara untuk menekan laju pemakaian bahan bakar terutama BBM ( Bahan Bakar Minyak ) Khususnya Bensin atau solar. Mulai dari Membuat Produk Kendaraan efisien Bahan Bakar, Mengunakan Solar Cell, atau produk kendaraan lainya selain mengunakan Bahan Bakar Minyak sebagai Pengeraknya.
saya mencoba menghitung seberapa banyak pengunaan bahan bakar BBM pada kendaraaan melalui referensi yang ada. Seperti dikatakan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, tanggal 18 Juli 2010 Penguna Kendaraan dindonesia untuk sepeda Motor sebanyak 73% selebihnay 27% mengunakan kendaraan Roda Empat. Sperti yang dikutip di http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/07/18/109357/Jumlah-Kendaraan-Meningkat-Beban-BBM-Bersubsidi-Membengkak .total keselurahaan kendaraan sepeda motor di indonesia seperti yang saya kutip di http://aaajournal.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1049:jumlah-kendaraan-roda%20dua-terus-meningkat&catid=1003:ulasan-sektor&Itemid=28 dimana Populasi Kendaran bermotor Roda Dua mencapai 47 Juta Unit dan indonesia tercatat sebagai negara yang laju produksi motornya tertinggi di ASEAN. Jika jumlah kendaraan tersebut digunakan setiap harinya dengan pemakaian Bensin 1 liter saja maka sudah menghabiskan 47 Juta liter x Rp. 4500 = 211.5 Milyar ( namun ini kalkulasi kotornya). Selain berdampak ekonomi, jauh sekedar itu telah mengurangi sumber daya alam bumi yang sekarang semakin menipis .

Bagaimana solusinya?

sedikit menyumbang pemikiran untuk menekan laju pemakaian bahan bakar tertutama bensin. saya menyempitkan ruang lingkup pemakaian Bahan bakar Bensi untuk Kota Dumai terutama Untuk Instansi Pemerintah ( Pemda, BUMN dll ), kenapa?
karena Peraturan Bisa diterapkan. Sebagai contoh kecil di

Komentar :

ada 0 komentar ke “Menekan Konsumsi BBM I”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra