Senin, 29 Juni 2009

Bahaya perempuan merokok.


Peringatan buat kaum perempuan perokok diseluruh dunia. Ternyata kaum perempuan menanggung resiko lebih besar dibandingkan dengan kaum lelaki. Begitulah menurut Dokter Inga-Cecilie Soerheim, peneliti dari Brigham and Women’s Hospital , Boston, Amerika Serikat. Ia menyebutkan wanita perokok berpeluang mengalami kerusakan paru-paru lebih awal dari pada pria.
Dokter Inga-Cecilie Soerheim menyatakan pernyataannya itu berdasarkan atas analisis terhadap 954 warga Norwegia. Mereka adalah perokok dan penderita chronic abstructive pulmonary disease (COPD), bronchitis kronis, serta emfisema. Setelah diamati laki-laki. Dari sisi usia , ia melihat, banyak wanita dibawah 60 tahun yang lebih dahulu terkena gangguan paru-paru.

“ini berarti , wanita perokok lebih awal mengalami penurunan fungsi paru-paru ketimbang pria” ujar Dokter Inga-Cecilie Soerheim. Mengapa bisa begitu? Dokter Inga-Cecilie Soerheim menduga, hal itu ada kaitannya dengan anatomi perempuan . perempuan memiliki saluran pernafasan lebih kecil , sehingga setiap batang rokok yang diisap membahayakan wanita. Selain itu, factor hormonal juga berperan.
Sumber : Majalah Gatra

Komentar :

ada 0 komentar ke “Bahaya perempuan merokok.”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra