Senin, 29 Juni 2009

Virus penyebab Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak hanya disebabkan pola hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan berkolestrol, kurang olah raga dan stress, melainkan juga disebabkan oleh virus.
Hal ini diungkapkan oleh Dokter Clyde Crumpacker dari Harvard Medical School and Bet Israel Deaconess Medical Center, Boston Amerika Serikat. Penelitiannya menemukan Virus sitomegalo ( CMV) yang berperan dalam 60% - 99% kasus hipertensi pada manusia dewasa diseluruh dunia.
Virus itu, seperti diberitakan reuters.com, dua pecan lalu, meningkatkan peradangan pembuluh darah. Bila dikombinasikan dengan makanan kaya lemak, CMV dapat pula mengakibatkan pengerasan pembuluh darah. Pengerasaan pemuluh darah ini beresiko menmbulkan serangan stroke, serangan jantung, dan penyakit ginjal.

“ini bisa menjadikan cara baru melihat tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular”’kata Dokter Clyde Crumpacker. Orang yang terinfeksi virus itu tak mengalami gejala-gejala hipertensi pada umumnya. Katanya, virus itu menyerang system kekebalan tubuh manusia. Orang yang kurang kebal akan mudah terkena berbagai factor resiko. Dokter Clyde Crumpacker pun mengatakan, temuan ini memngkinkan pemberian vaksin dan obat anti virus kepada penderita hipertensi. Namun belum ada vaksin hipertensi yang dijual di pasaran. Beberapa perusahaan farmasi masih berkutat pada proses pembuatan vaksin dan anti virus itu. Selama ini beberapa pasien diberikan obat-obatan seperti golongan beta-blocker dan angiotension converting enzyme (ACE) inhibitor , yang secara umum hanya mengontrol tekanan darah.
Sumber majalah gatra 3 juni 2009

Komentar :

ada 0 komentar ke “Virus penyebab Hipertensi”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra