Selasa, 02 Juni 2009

Saran Dokter untuk memilih Susu Folmula untuk Bayi anda


Sayang, masih banyak ibu yang tidak memberikan ASI ( Air Susu Ibu ) kepada Bayinya. Berbagai factor menjadi penyebabnya, diantaranya ibu tidak mampu mengeluarkan ASI, ibu yang takut karena menganggap bakal mempengaruhi penamplan payudaranya dan factor kesehatan lainnya.sebagai jalan keluarnya , mereka mengandalkan susu formula , yang diklaim memiliki kandungan yang bisa mencerdaskan sang bayi. Kandung apakah itu?
Salah satu factor yang penting dalam membeli susu formula adalah adanya kandungan Gangliosida. Gangliosida adalah zat yang membantu pertumbuhan sel-sel dan unsure-unsur sel syaraf. Zat ini ( Gangliosida ) umumnya ditemukan pada membrane sel-sel syaraf dan terpusat di bagian akhir sel syaraf.
Pada jumpa pers dyang digelar di Hotel Le Meridien , Jakarta Pusat pada bulan November 2008 silam, Dokter Hariono Pusponegoro, Dokter Spesialis Anak pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan” Pada saat lahir, otak bayi mengandung 100 milyar sel otak tapi belum terhubung dengan sempurna”

Gangliosida pada bayi biasanya terbentuk pada saat menginjak umur enam bulanan. Gangliosida sendiri terbagia dua jenis. GD3, begitu nama jenis Gangliosida itu, terbentuk ketika berumur enam bulan pada sang bayi. Kadarnya 2-8 mol/ml. tetapi begitu proses menyusuia selesai dilakukan, giliran jenis Gangliosida GM3 yang mendominasi dengan kadar 2-14 mol/ml.

Kenapa Gangliosida sangat penting bagi kecerdasan seseorang . sebab jumlahnya di otak 15 kali lebih banyak ketimbang yang terdapat pada organ hati , paru-paru, dan limpa. Di otak, Gangliosida terkonsentrasi pada daerah abu-abu otak, terutama pada otak besar dan korteks serebral. Perannya diotak juga penting karena Gangliosida dapat menyusun 10 persen dari total masa lemak otak . disamping itu Gangliosida juga ikut dalam membentuk sel-sel saraf. Semakin banyak saraf yang dibentuk, kapasitas memori pun makin berlimpah.
Dr. Hardiono mengingatkan kepada orang tua, agar jangan mengandalkan susu formula saja. Sebab Gangliosida akan bekerja maksimal bila ditunjang perangsangan dari orang tua dan lingkungan. Karena itu peran orang tua sangatlah penting dalam membantu sang anak untuk mengenalkan terhadap objek-objek hal baru dan kasing saying.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Saran Dokter untuk memilih Susu Folmula untuk Bayi anda”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra