Jumat, 03 Juli 2009

Infeksi Gusi dan Kelahiran Prematur



Ibu-ibu hamil sebaiknya jangan menganggap enteng gusi yang bengkak. Penyakit Gusi tidak hanya menggu gigi tetapi juga bisa mengusik kenyamanan janin di kandungan. Gangguan pada gusi bisa mendorong janin melonggok dunia sebelum waktunya.
Marjorie Jeffcoat dari fakultas Kedokteran Universitas Alabama, Birmingham, Amerika Serikat, meneliti kaitan antara infeksi dan kelainan beberapa system kekebalan tubuh , termasuk kelahiran premature. Ada 2000 perempuan hamil , 800 orang diantaranya sudah melahirkan , yang kini sedang dalam penelitian Jeffcoat. “ Sekitar 17% dari mereka terkena infeksi gusi”’kata Jeffcoat kepada Reuters Health, dua Pekan lalu.
Menurut penelitian Jeffcoat, bayi dari ibu yang terkena infeksi gusi itu cendrung bermasalah. Mereka lahir premature , berbobot rendah dan beresiko terkena periodontal ( jenis penyakit gigi ) tiga sampai delapan kali lipat.

Belum gamlang betul bagaimana infeksi gusi mempengauhi proses kelahiran premature. Dugaan sementa, infeksi membuat gusi bengkak dn memacu tubuh meningkatkan produksi hormone prostaglandin. Selama ini, prostaglandin diketahui membuat kontraksi otot rahim. Itu sebabnya prostaglandin sering digunakan dalam mempercepat proses kelahiran . dalam dunia kedokteran, prostaglandin juga dikemas dalam bentuk obat untuk menggugurkan kandungan. Jadi,” Cukup masuk akal bila ada kaitan antara infeksi gusi dan kelahiran premature”’ kata Jeffcoat.

Sumber : majalah TEMPO 2 Juli 2000

Komentar :

ada 0 komentar ke “Infeksi Gusi dan Kelahiran Prematur”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra