Jumat, 03 Juli 2009

Jika Mengalami Gejala Flu atau Pilek


Fitri tidak menyangka flu yang ia derita selama lima tahun terakhir berdapak berbahaya bagi tubuhnya . akibat sembarangan meminum obat flu, kini fitri mengalami kegagalan ginjal.
Hal tersebut diketahuinya setelah megalami sakit flu atau pilek yang lumayan berat baru-baru ini. Sehingga tiap malam ia harus menggigil kedinginan dengan suhu badan begitu tinggi . walaupun ia meminum antibiotic plus penurun demam, memakai jaket dan selimut tebal, namun tetap saja kedinginan.
Fitri akhirnya dirawat dirumah sakit selama satu hari. Betapa kagetnya dia, saat dokter mengatakan tentang penyakitnya. “Dokter bilang saya mengalami komplikasi ginjal dengan flu yang menyerang jadi jika diberikan obat flu dan demam maka akan semakin berakibat buruk bagi ginjal karena kondisi ginjal sudah dipenuhi racun”, paparnya.

Sang dokter menyarankannya meminum ramuan alami. Selama beberapa hari meminum ramuna tersebut Fitri sembuh dari penyakit flu. Namun tidak dengan penyakit ginjal yang ia derita hingga sekarang.
“ saat ini saya sering melakukan pengecekan kesehatan minimal sekali tiga bulan untuk melihat kondisi ginjal saya. Sebab jika tidak diperiksa dapat berakibat buruk bagi kesehatan saya sendiri. Dokter bilang ginjal saya saat ini hamper 50% tidak berfungsi”, ujarnya.
Lalu apa penyebab fitri mengalami penyakit ginjal tersebut, dikatakan Fitri semenjak dari kecil ia sering mengalami gejala flu dan demam setiap kali perubahan cuaca. Setiap kali mendapatkan penyakit tersebut ia selalu mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.
“saat itu saya tidak tahu bahwa penyakit flu biasa bisa hilang sendirinya selama tiga hari. Maknya mulai dari awal saya mengalami penyakit tersebut saya lansung mengkonsumsi obat. Memang ampuh, tak lama saya lansung sehat kembali”’ujarnya.
Namun saat ini fitri sangat menyesal dengan tindakannya tersebut. Ia hanya bisa pasrah dengan penyakitnya. “ saya menyarankan kepada anak saya untuk tidak mengkonsumsi obat lansung saat terkena flu atau penyakit lainnya”, ucapnya.
Pada kesempatan berbeda , dr Yulhasmida dari RS Ahmad Yani Pekanbaru mengatakan, jika mengalami gejala flu atau pilek , diharapkan pada penderita untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan lansung. Karena selama dua sampai tiga hari mendapat gejala tersebut, imun yang ada didalam tubuh tengah berusaha untuk melawan virus yang masuk.
Selam itu demam adalah reaksi dan mekanisme tubuh dalam melawan makluk penginfeksi. Jadi sebenarnya kita diuntungkan dengan demam. Kalau penderita flu masih bisa menahan, lebih baik banyak-banyak minum untuk mencegah dehidrasi akibat demam , tetap makan dan banyak istirahat. “ namun jika gejala dirasa sangat menyiksa , bisa dipilih pereda sakit yang cocok ”, tambahnya.
Yulhasmida melanjutkan, perawatan untuk anak kecil, apabila demam tinggi, seperti suhu badan mencapai 38 C atau lebih dan dikhwatirkan akan terjadi kejang demam, lakukan dengan mengkompres tubuhnya mengunakan air hanggat.
“ selain itu hanggatkan lipat-tubuh, seperti ketiak,lipat paha, belakang lutut dan ubun-ubun . jika anak menolak untuk dikompres, ajak dia berendam di air hangat ", katanya.
Untuk melegakan hidung tersumbat akibat pilek, hiruplah uap air panas tanpa campuran apa-apa. Selain itu minum minuman hangat juga dapat mengencerkan dahak akibat lender yang “ jatuh” ketengorokan sehingga dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

Sumber : Koran Tribun Pekanbaru 28 Juni 2009

Komentar :

ada 0 komentar ke “Jika Mengalami Gejala Flu atau Pilek”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra