Rabu, 01 Juli 2009

Mitos seputar Pijat / Pijit


Sejumlah orang menganggap pijat bisa memulihkan kondisi tubuh secara beraktifitas berat,, seperti berolahraga. Beberapa terapis bahkan menyatakan pijat bisa melancarkan aliran darah, benarkah?

Pemahaman orang tentang pijat ternyata keliru. Adalah Profesor Michael Tschakovsky dari klinesiology and Health Studies, Queens University, Kingston, Ontario, Kanada, membantah itos pijat itu.
Sebagaimana termuat di situs muchculoskletal.com, pecan lalu, ia dan rekannya membuktikan bahwa pijat hanya berperan kecil dalam memperlancar peredaran aliran darah, mengeluarkan asam laktat dan bahan limbah lain yang mengendap didalam tubuh.asam laktat yang menumpuk di otot menyebabkan badan terasa lelah, terutama setelah beraktifitas.

Ia membuktikannya setelah menguji 12 pria sehat. Mereka diminta untuk melakukan olahraga yang memperkuat otot tangan selama 2 menit. Setelah itu meraka menjalani pemeriksaan aliran darah dan kadar asam laktat yang menumpuk didalm tubuh. Kemudian mereka di pijat selama 10 menit dan diperiksa lagi aliran darah dan asam laktatnya.
Hasilnya, pijat memang dapat mengeluarkan asam laktat dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Namun, aliran darahnya lebih kecil ketimbang tanpa pijat. Dengan begitu, asam laktat di otot yang dikeluarkan dari tubuh juga kecil. “jadi, apakah pijat hanya mengurangi intensitas peradangan atau hanya memiliki efek placebo?”

Komentar :

ada 0 komentar ke “Mitos seputar Pijat / Pijit”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra