Sabtu, 30 Mei 2009

Memori anda akan terganggu jika kurang tidur.


Agar daya ingat tetap mantap, sebaiknya anda tiur dengan cukup.kenapa begitu? Sebab tidur bisa mengembalikan memori anda yang hilang. Orang tua lanjut usia sering terkena penyakit pikun dikarenakan kurang tidur.
Peneliti di Universitas Arizona, Amerika Serikat, dalam laporannya di Journal of Neuroscience menyatakan bahwa tidur merupakan bagian terpening dalam pembelajaran dan memori manusia.”idur punya kemampuan mendorang orang untuk mengingat kembali kejadian masa lalu” katanya.
Ini berdasarkan riset atau study terhadap 22 mencit. Sebagian dari mencit itu berusia muda dan sebagian lagi sudah tua. Mereka diberikan makan yang dari gizi dan porsi jumlahnya sama. Peneliti lalu menelisik kerja otak menci-mencit tersebut ketika terbangun dan pada saat mereka tidur. Mencit yang lebih muda mampu melakukanpenataan ulang dan konsilidasi proses memori ketika tidur. Sedangkan pada mencit yang sudah tua dan kurang tidur, kurang nampak penataan memori itu.
Dokter Carol Barnes, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa studi ini merupakan studi yag pertama kali berhasil membuktikan bahwa kemampuan binatang melakukan tugas-tugas yang berkenaan dengan memori sangat erat kaitannya dengan kemampuan otak dalam melakukan konsolidasi memori ketika tidur.” Ini dapat menginspirasi obat-obat yang akan bekerja pada saat tidur.

Menuru Dokter Jhon Groger dari pusat Riset tidur, Universitas Surrey, inggris,studi ini membuktikan peran hippocampus di otak dalam menyimpan dan menata ulang memori. Namun studi itu sulit diterapkan pada manusia. Sebab ada beberapa orang hanya tidur satu hingga dua jam setiap malamnya ternyata masih memiliki daya ingat yang tinggi.

Info ; Majalah Gatra 13 / 08 /2008

Komentar :

ada 0 komentar ke “Memori anda akan terganggu jika kurang tidur.”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra