Sabtu, 30 Mei 2009

Spon, Biodata Laut Pencegah Kanker


Banyak terobosan untuk mencegah atau mengobati penyakit kanker . salah satu n terobosan dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berkerjasama dengan Peneliti Universitas Osaka dan Universitas Ryukyu, kedua universitas ini dari jepang . Kerjasama penelitian ini menemukan khasiat baru dari spon. Apa itu spon?.

Spon adalah hewan lunak yang hidup di karang. Biodata Laut yang terdapat di perairan Baranglompo( Sulawesi Selatan ), Pantai Gilimeno ( Pulau Lombok ) dan Perairan Pulau Bitung itu ternyata bermanfaat menangkal Penyakit Kanker.
Didalam Spon terkandung barangamide A tergolong senyawa yang mampu mengahambat produksi karbohidarat dari sel kanker. Dengan menghambat produksi karbohidarat kanker maka sel kanker tersebut akan mati. Penelitian ini dilakukan di laboraturium universitas Osaka.
Pada setiap satu gram spon, mempunyai kandungan barangamide A sebanyak 0,01 %. Padahal untuk mencari spon bukan perkara mudah, apalagi biodata ini sulit untuk dibudidayakan, tapi dengan temuan ini, dunia farmasi tertantang membuat sintesisnya untuk dijadikan obat” ujar Rachamaniar Rachmat,Peneliti LIPI.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Spon, Biodata Laut Pencegah Kanker”

Pengikut

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra